Beranda ยป Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak
Cara Merawat Laptop Agar Awet

Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Ketika anda memutuskan untuk membeli laptop baru maupun laptop bekas tentu sebagian dari anda akan memikirkan bagaimana cara merawat laptop dengan baik dan benar. Mengetahui cara merawat laptop dengan baik dan benar sangatlah penting agar laptop yang ada beli bisa menjadi awet dan tidak cepat rusak.

Seperti halnya perangkat elektronik lain yang mana ketika anda tidak memahami sistem kerja dan cara perawatannya maka tentu saja perangkat tersebut akan mudah rusak. Sehingga penting bagi kita semua untuk memahami cara merawat laptop yang benar agar tidak cepat rusak.

Baiklah sobat Berkah Laptop berikut akan kami share untuk anda tips cara merawat laptop agar awet dan tidak mudah rusak. Semoga sedikit tips dari kami bisa membantu anda dalam melakukan perawatan laptop yang benar. Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

1. Install Anti Virus

Sekarang ini perkembangan virus semakin merajalela, jika anda tidak berhati-hati dan melakukan pencegahan maka laptop anda sangat rentan kemasukan virus. Kehadiran virus pada laptop tidak hanya menyebabkan lemot tetapi juga dalam merusak file anda, sistem windows dan bahkan dapat merusak hardware seperti hardisk laptop.

Untuk itu ketika anda membeli sebuah laptop baru ataupun laptop bekas sebaiknya segera install anti virus sebagai cara merawat laptop agar tidak cepat rusak. Ada banyak sekali jenis anti virus gratis maupun berbayar di internet yang bisa anda gunakan. Beberapa anti virus yang banyak digunakan pengguna di Indonesia diantaranya avast, smadav, avg, kaspersky, dan lain sebagainya.

Untuk anda yang laptopnya menggunakan windows 10 atau windows 11 sebenarnya sudah cukup menggunakan windows defender bawaan microsoft. Akan tetapi anda harus rajin untuk update berkala supaya laptop tidak kemasukan virus.

2. Bersihkan Laptop dari Debu Sebagai Cara Merawat Laptop Agar Awet

Yups seperti yang kita ketahui debu merupakan musuh utama untuk semua perangkat elektronik. Sebagai contoh kipas di rumah apabila sudah sangat berdebu maka kipas tersebut tidak akan menyegarkan ruangan lagi. Pada laptop, kehadiran debu tidak hanya menyebabkan kinerja kipas atau fan bekerja maksimal tetapi juga dapat memberikan beberapa masalah pada hardware. Jadi membersihkan debu merupakan salah satu cara merawat laptop agar awet dan tidak cepat rusak.

Ketika kipas atau fan laptop sudah sangat berdebu maka kipas tersebut tidak lagi dapat memberikan pendinginan maksimal ke chip procesor dan vga. Sehingga hal tersebut dapat memberikan masalah yang serius pada motherboard bahkan dapat beresiko mati total. Selain itu kesehatan hardisk juga bisa terkena dampak dari motherboard overheat, sehingga bisa menyebabkan hardisk menjadi bad sector.

Laptop yang berdebu juga dapat menyebabkan kerusakan pada keyboard. Kerusakan yang sering terjadi akibat debu adalah salah satu atau beberapa tombol keyboard menjadi error dan mencet-mencet sendiri. Untuk mencegah kerusakan keyboard laptop akibat debu sangat disarankan untuk memakai pelindung keyboard.

Jadi sobat Berkah Laptop biasakan rajin membersihkan debu ya sebagai salah satu cara merawat laptop agar tidak cepat rusak.

3. Hindari Penggunaan Laptop Dengan Alas Kasur, Sofa, dan Karpet

Cara merawat laptop agar awet dan tidak mudah rusak berikutnya adalah menghindari penggunaan laptop dengan alas kasur, sofa, dan karpet. Setiap laptop dilengkapi dengan kipas atau fan untuk menjaga kestabilan temperatur motherboard terutama procesor dan chipset vga. Ketika anda sedang menggunakan laptop dengan alas kasur, sofa, dan karpet maka sirkulasi udara pada laptop menjadi terhambat. Sehingga proses pendinginan tidak bisa maksimal dan dapat menyebabkan laptop menjadi overheat.

Jadi salah satu cara merawat laptop agar tidak cepat rusak adalah dengan menghindari penggunaan alas kasur, sofa, dan karpet. Gunakan alas yang keras dan tidak empuk supaya sirkulasi udara pada laptop tetap terjaga.

4. Jangan Menaruh Beban yang Berat di Atas Laptop & Jangan Pula Membuat Tekanan Pada Layar

Cara merawat laptop agar tidak cepat rusak berikutnya adalah dengan tidak menaruh beban yang berat di atas laptop. Layar laptop sangat sensitif terhadap tekanan, sehingga ketika ada tekanan pada layar dapat mengakibatkan layar laptop menjadi bergaris dan pecah.

Salah satu kebiasaan yang paling sering terjadi dan tidak terpikirkan oleh kita adalah ketika menaruh laptop di dalam tas bercampur dengan banyak buku dan peralatan tulis. Banyak dari kita yang tidak memperhatikan ini dan mengganggap ini adalah hal biasa. Padahal ketika memasukkan laptop yang bercampur dengan buku dan peralatan tulis dapat membuat tekanan pada laptop. Boleh saja hal ini anda lakukan asalkan tidak sampai membuat tekanan yang berlebih pada laptop sehingga menyebabkan layar laptop jadi bergaris.

5. Jangan Sampai Laptop Mati Karena Kehabisan Baterai

Tahukah anda salah satu penyebab laptop lemot adalah dikarenakan hardisk bad sector? Dan tahukah anda salah satu penyebab hardisk bad sector adalah seringnya laptop mati sendiri karena kehabisan baterai. Ya, itu adalah kesalahan yang sering terjadi pada kebanyakan laptop lemot.

Jadi sobat Berkah Laptop perhatikan selalu ya level baterai sebagai salah satu cara merawat laptop agar awet dan tidak mudah rusak. Seringkali kita lupa ketika sedang asyik menggunakan laptop tiba-tiba laptop mati sendiri karena kehabisan baterai. Padahal jika ini terjadi berulang kali dapat membahayakan kesehatan hardisk laptop anda.

Itulah beberapa tips dari Berkah Laptop cara merawat laptop agar awet dan tidak cepat rusak. Semoga dengan beberapa tips ini dapat membuat laptop anda jadi lebih awet, tidak lemot, dan tidak cepat rusak.

#caramerawatlaptopagarawet #caramerawatlaptop #caramerawatlaptopagartidakcepatrusak #caramerawatlaptopagartidakmudahrusak

 

Scroll to Top