Beranda » Cara Mengatasi Laptop Lemot
Cara Merawat Laptop Agar Tidak Lemot dan Awet

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Haloo sobat Berkah Laptop..apa diantara laptop sobat pernah mengalami lemot? Pastinya menyebalkan bukan jika laptop yang kita pakai kerja tiba-tiba menjadi sangat lemot. Eitss..jangan dibanting dulu laptopnya ya sob, sebab kali ini kami akan memberikan tips atau cara mengatasi laptop lemot.

Tips atau Cara Mengatasi Laptop Lemot

Ketika kita membeli sebuah laptop entah itu laptop baru atau laptop second tentunya kita akan menginstall berbagai aplikasi sesuai kebutuhan. Awalnya tentu saja laptop tersebut akan terasa lancar dan baik-baik saja, namun selang beberapa bulan kemudian mulailah timbul rasa jengkel pada laptop tersebut. Apalagi kalau bukan lemot yang menjadi penyebabnya, tentunya sangat menyebalkan bukan. Tenang saja sobat, yuks simak beberapa tips cara mengatasi laptop lemot berikut ini.

Kurangi Shortcut yang Ada di Desktop

Yups seringkali kita abai mengenai hal ini, bahkan mungkin sebagian dari kita menganggap ini hal yang sepele. Tapi tahukah sobat sekalian jika terlalu banyak shortcut yang sobat tampilkan di desktop justru akan menambah waktu load ketika laptop pertama kali dinyalakan. Jadi mengurangi jumlah item shortcut merupakan salah satu cara mengatasi laptop lemot. Pilihlah aplikasi yang benar-benar sering sobat sekalian gunakan setiap hari. Untuk aplikasi yang jarang digunakan sebaiknya dihapus saja ya.

Bersihkan History dan Cache Pada Aplikasi dan Windows

Cara mengatasi laptop lemot berikutnya adalah dengan membersihkan history dan cache pada aplikasi dan windows. Jika pemakaian laptop sobat sudah beberapa bulan, sebaiknya lakukan pembersihan history dan cache ya sob. Karena setiap aplikasi yang sobat gunakan pasti akan meninggalkan jejak yang lama kelamaan akan membuat memori laptop menjadi penuh.

Oleh sebab itu lakukan secara berkala untuk membersihkan aplikasi dan windows dari history dan cache tersebut. Caranya adalah dengan mengetikkan “disk cleanup” di kolom search windows. Setelah muncul jendela disk cleanup pilih drive C. Kemudian centang item yang memiliki cache terus klik Ok. Jangan lupa hapus juga history yang ada di google chrome, karena chrome  memakai ruang yang cukup banyak di memori laptop.

Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Setiap kali sobat menginstall sebuah aplikasi maka disaat itu pula ruang memori laptop sobat berkurang. Ketika ada begitu banyak aplikasi yang terinstall di laptop sobat, maka ruang memori akan semakin sedikit dan dapat menyebabkan lemot. Jadi salah satu cara mengatasi laptop lemot adalah menghapus atau uninstall aplikasi yang tidak penting. Sehingga dengan begitu ruang memori laptop akan menjadi lebih besar lagi dan masalah lemot akan teratasi.

Lakukan Update dan Scanning Anti Virus

Virus merupakan penyakit yang sudah ada sejak lama dan jumlahnya semakin hari semakin bertambah banyak. Apalagi sekarang ini kita tidak bisa lepas dari yang namanya browsing, tentu saja hal ini sangat rentan kemasukan virus. Ketika laptop sobat sudah kemasukan virus maka pasti laptop sobat lama kelamaan akan menjadi lemot. Kehadiran virus ini tidak hanya merusak file tetapi jika terlalu lama dibiarkan maka dapat merusak hardisk laptop.

Oleh sebab itu salah satu cara terbaik untuk mengatasi laptop lemot adalah melakukan update anti virus. Jika laptop sobat sudah terasa sangat lemot sekali ada baiknya dilakukan scanning untuk memastikan tidak ada virus masuk kedalam laptop. Dan jika masih terasa lemot sebaiknya lakukan install ulang windows, karena bisa jadi virusnya sudah terlalu menyebar ke sistem dan susah untuk dihilangkan.

Non-aktifkan Visual Effects Pada Windows 10

Jika laptop sobat menggunakan windows 10 sebagai operating systemnya dan storage masih menggunakan hardisk maka cara ini sebaiknya sobat lakukan. Berbeda dengan versi windows yang sebelumnya, windows 10 memakan ruang di memori laptop cukup besar. Hal ini disebabkan fitur di windows 10 yang lebih banyak dibandingkan versi sebelumnya.

Salah satu cara mengatasi laptop lemot adalah menonaktifkan fitur visual effects yang ada di windows 10. Buka file explorer kemudian klik kanan pada “This PC” dan klik “properties”. Selanjutnya scroll kebawah kemudian klik “Advanced system settings”. Pada tab “Advanced” di bagian “Performance” klik “Settings”. Setelah muncul jendela “Performance options” klik “Adjust for best performance” terus klik “Apply” dan “Ok”.

Non-aktifkan Update Windows 10

Pernahkah sobat merasa tiba-tiba saja laptop mendadak menjadi lemot ketika sedang mengerjakan tugas? Jika iya bisa jadi penyebab laptop sobat menjadi lemot adalah windows 10 sedang update. Banyak orang mengeluhkan hal yang sama ketika windows 10 sedang melakukan update. Namun jangan khawatir sobat, disini kami akan memberitahukan cara mengatasi laptop lemot. Yaitu dengan cara menonaktifkan windows update.

Dikolom search ketikkan “gpedit.msc” terus tekan enter. Setelah muncul jendela “Local Group Policy Editor” klik tanda panah yang ada disebelah kiri “Administrative Templates”. Setelah itu klik tanda panah disebelah kiri “Windows Components” kemudian scroll kebawah dan klik folder “Windows Update”. Dikolom sebelah kanan cari tulisan “Configure Automatic Updates” dan klik 2x. Dibagian atas sebelah kiri jendela “Configure Automatic Updates” klik “Disabled” kemudian klik Apply dan Ok.

Baca juga : Cara Cek Laptop Bekas Ketika Beli

Cara Mengatasi Laptop Lemot | Cek Kapasitas dan Kesehatan Hardisk

Hardisk merupakan salah satu komponen penting pada sebuah laptop. Fungsi dari hardisk sendiri adalah sebagai media penyimpanan dan tempat windows dan aplikasi terinstall. Ketika kapasitas hardisk dalam posisi penuh dapat menyebabkan laptop menjadi lemot. Jika kapasitas hardisk sudah penuh sebaiknya pindahkan data sobat ke hardisk external. Jadi salah satu cara mengatasi laptop lemot adalah dengan menjaga kapasitas hardisk supaya tidak terlalu penuh dan memeriksa kesehatan hardisk.Jika Hardisk laptop sobat mengalami bad sector maka laptop akan menjadi sangat lemot sekali. Jika itu yang terjadi maka tidak ada solusi lain kecuali harus ganti hardisk. Untuk cek kesehatan hardisk sobat bisa download aplikasi Hardisk Sentinel.

Bersihkan Fan atau Kipas Secara Berkala

Seperti yang sobat Berkah Laptop tahu bahwa debu adalah musuh utama elektronik. Kehadiran debu pada sebuah perangkat elektronik khususnya laptop bisa menghambat proses pendinginan. Seperti halnya kipas angin yang ada dirumah, ketika debu sudah banyak menempel maka kipas tidak lagi terasa dingin. Jadi sobat sekalian membersihkan debu pada fan secara berkala wajib sobat lakukan. Sebab ini menjadi cara utama dalam mengatasi laptop lemot.

Suhu yang panas di mainboard sangat mempengaruhi kinerja dari banyak komponen terutama procesor dan vga. Ketika temperatur motherboard terasa panas maka kinerja dari procesor dan vga akan diturunkan untuk menghindari kerusakan yang lebih fatal. Disaat penurunan performa procesor inilah laptop sobat akan terasa lemot. Lebih fatal lagi ketika temperatur sudah overheat maka laptop akan mati sendiri. Jika ini terjadi berulangkali maka lama kelamaan procesor dan vga akan menjadi rusak.

Untuk itu sobat sekalian lakukanlah secara berkala pembersihan fan. Jika sobat tidak bisa membongkar laptop silahkan datang ketempat service untuk cleaning fan. Biaya cleaning fan rata-rata sekitar 150 ribuan.

Cara Mengatasi Laptop Lemot | Upgrade Memori Ram

Jika sobat pengguna windows 10, seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa windows 10 memakai ruang yang cukup banyak di memori laptop. Semisal laptop sobat menggunakan ram 2 gb maka kami sarankan untuk upgrade memori ram. Karena untuk operating system windows 10 idealnya adalah minimal memori ram 4 gb.

Lalu saya harus upgrade ram sampai berapa gb? Tergantung dari seberapa banyak aplikasi yang sobat gunakan. Jika sobat hanya memakai laptop hanya untuk ngetik dan browsing saja maka upgrade ke ram 4 gb sudah cukup. Tapi jika sobat seorang desainer atau gamer maka minimal ram 8 gb, tergantung aplikasi desain atau game yang digunakan.

Cara Mengatasi Laptop Lemot | Upgrade Hardisk ke SSD

Ada perbedaan yang cukup signifikan antara hardisk dan SSD, yaitu kecepatan SSD bisa lebih dari 3x hardisk biasa. Dengan kehadiran windows 10 yang berat kami rasa penggunaan SSD wajib hukumnya. Dan ini adalah solusi yang paling pas untuk sobat pengguna windows 10.

Bagaimana sobat Berkah Laptop, apakah tips cara mengatasi laptop lemot berguna untuk laptop sobat sekalian? Tinggalkan reviewnya dikolom komentar ya. Barangkali ada saran dari sobat Berkah Laptop yang mungkin belum masuk ke poin-poin yang tuliskan diatas juga mohon pencerahannya ya di kolom komentar. Indahnya berbagi 🙂

#caramengatasilaptoplemot #caraagarlaptoptidaklemot #laptoplemot #mengatasilaptoplemot #agarlaptoptidaklemot #caramengatasilaptoplemotwindows10

Scroll to Top